Terapi Oksigen untuk Penderita PPOK

Terapi Oksigen untuk Penderita PPOK
Terapi Oksigen untuk Penderita PPOK. Orang dengan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) memiliki kerusakan pada paru-parunya. Terkadang, kerusakan itu membuat mereka kesulitan bernapas, bahkan beberapa di antaranya membutuhkan terapi oksigen untuk menjaganya tetap dalam kondisi stabil. Bagaimana terapi oksigen dilakukan?

Apa itu terapi oksigen?

Terapi oksigen diberikan kepada orang yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan oksigen. Terapi ini juga digunakan mengobati orang yang memiliki kadar oksigen yang rendah dalam darah mereka akibat kondisi kesehatan, seperti PPOK, yang dialaminya.

Saat mengalami penyakit atau gangguan paru, organ pernapasan utama Anda itu akan berjuang untuk mendapatkan oksigen. Namun, karena mungkin kemampuannya menurun drastis akibat penyakit yang dialaminya, oksigen yang berada di udara bebas belum mampu mencukupi kebutuhan oksigennya. Dalam keadaan seperti itu, terapi oksigen mungkin akan menjadi pilihan.

Terapi oksigen biasanya diberikan dengan menggunakan resep dokter. Artinya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mendapatkan terapi ini. Oksigen yang diberikan saat melakukan terapi ini biasanya diberikan dari tabung logam atau wadah lainnya. Dari wadah tersebut, oksigen akan mengalir ke paru-paru Anda melalui tiga cara, yaitu:
  • Nasal cannula, yang terdiri atas dua selang plastik berukuran kecil, yang dipasang pada kedua lubang hidung.
  • Masker wajah, yang menutupi hidung dan mulut.
  • Selang kecil yang dimasukkan ke dalam batang tenggorok dari leher depan. Dokter akan menggunakan jarum atau sayatan kecil untuk memasang selang tersebut. Oksigen yang dihantarkan dengan cara ini disebut dengan terapi oksigen transtrakeal.
Terapi ini bisa dijalankan di rumah ataupun di rumah sakit. Sekalipun dilakukan di rumah, Anda tetap membutuhkan saran dari dokter mengenai dosis yang Anda perlukan. Apabila kondisi ini masih belum terlalu gawat, dokter mungkin akan menyarankan terapi oksigen di rumah sakit sesekali.

Namun, apabila Anda menderita kondisi kronis seperti PPOK, Anda mungkin harus menggunakan terapi oksigen di rumah karena Anda akan membutuhkannya secara rutin dan sering.

Terapi oksigen tersedia dalam bentuk gas atau oksigen cair. Keduanya dapat disimpan dalam tangki
portabel. Oksigen cair biasanya disimpan dalam tanki yang lebih kecil dan digunakan oleh orang aktif agar dapat dibawa ke mana pun. Namun, oksigen cair lebih mudah menguap jika tidak diperlakukan dengan benar.

Kapan seseorang membutuhkan terapi oksigen?

Terapi oksigen diberikan saat kadar oksigen dalam darah seseorang rendah, atau jika Anda mengalami gejala berikut:
  • Sesak napas
  • Lekas marah
  • Sakit kepala di pagi hari
  • Pembengkakan di pergelangan kaki
Dokter akan mengulas kondisi medis Anda secara menyeluruh dan memutuskan pengobatan apa yang Anda butuhkan. Dokter mungkin juga akan melakukan beberapa tes untuk memutuskan apakah Anda membutuhkan terapi oksigen atau tidak.

Pada anak-anak yang menderita PPOK, sering kali mereka membutuhkan terapi oksigen. Segera hubungi dokter jika anak Anda mengalami gejala berikut.
  • Sering sakit kepala
  • Perubahan perilaku
  • Memburuknya sifat lekas marah
  • Meningkatnya rasa kantuk
  • Melambatnya pertumbuhan

Tes apa yang harus dijalani untuk mengetahui apakah saya membutuhkan terapi ini?

Biasanya, sebelum menjalankan terapi ini, dokter atau perawat akan melakukan tes untuk mengukur kadar oksigen dalam darah Anda. Jika kadar oksigen Anda kurang dari 90 persen, Anda mungkin membutuhkan terapi oksigen. Ada dua tes yang biasanya digunakan untuk mengukur oksigen darah, yaitu oksimetri dan tes gas darah arteri.

Oksimetri adalah sebuah tes sederhana di mana dokter akan memasang penjepit pada jari tangan, jari kaki, atau daun telinga Anda. Pengukuran oksigen dilakukan melalui beberapa aktivitas yang akan Anda lakukan di sepanjang evaluasi. Sementara itu, tes gas darah arteri biasanya lebih rumit dibandingkan oksimetri. Pada tes ini, dokter akan mengambil sampel darah dari pergelangan tangan Anda untuk mengukur kadar oksigen.

Comments

Popular posts from this blog

8 Makanan Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Resep Sambal Matah yang Enak dan Menggugah Selera